Penyakit merupakan hal sangat tidak diharapkan bagi semua orang. Entah itu penyakit seperti batuk, pilek, demam segala macam jenis penyakit sangat tidak disenangi oleh semua orang. Pada zaman sekarang penyakit sudah banyak sekali jenisnya. Orang zaman dulu lebih sehat dan lebih panjang umur dibandingkan orang yang hidup di zaman sekarang.

Perbedaan Dahulu Dengan Sekarang

Perbedaan orang zaman dahulu dengan zaman sekarang yaitu terletak pada makanan yang dimakan. Orang zaman dulu hanya makan-makanan yang sehat seperti sayuran. Berbeda dengan orang yang hidup di zaman sekarang. Orang zaman sekarang cepat sekali terkena penyakit. Ini dikarenakan makanan yang dimakan. Makanan yang di makan masyarakat kini adalah makan siap saji dan makanan yang instan.

Karena faktor makanan orang zaman dulu dengan sekarang berbeda, tak heran jika banyak sekali anak muda yang terkena penyakit. Penyakit yang bisa datang karena faktor makanan salah satunya adalah asam urat. Asam urat biasnya dirasakan oleh orang yang lahir pada zaman dulu ataupun orang yang sudah tua. Namun kini penyakit asam urat ini juga bisa menyerang anak di usia muda atau remaja.

Penyebab Asam Urat Di Usia Muda

Penyakit asam urat ini terjadi karena banyaknya mengonsumsi makanan yang mengandung purin. Ketika Anda makan makanan yang mengandung purin, maka makanan yang dicerna itu secara otomatis akan mengandung kadar asam urat. Anak-anak muda kini sangat suka dengan kuliner dan tidak memperhatikan kandungan makanan yang terkandung.

Ketika Anda tidak memperhatikan kandungan dalam makanan dan tidak memperhatikan pola makan, makan kemungkinan akan mengalami asam urat. Namun bagi anak-anak, asam urat ini biasanya merupakan penyakit turunan dari orang tua. Tetapi hal ini bisa dihindari dengan memperhatikan pola makan dan kandungan makanan yang ada.

Jika Anda ingin terhindar dari penyakit asam urat ini, Anda bisa menghindari beberapa makanan yang berpotensi menyebabkan asam urat diantaranya yaitu :

  1. Soda atau Minuman Alkohol

Jika Anda sangat menyukai minuman bersoda, untuk kali ini Anda harus menghindari minuman ini. Minuman yang mengandung soda ataupun minuman yang mengandung alcohol sangat berisiko meningkatkan asam urat. Ini juga dikarenakan kandungan yang terkandung dalam minuman ini. Seperti

  1. Sayur Tertentu

Sayuran memang hal yang baik untuk tubuh. Namun ada beberapa sayuran hijau yang harus Anda hindari karena dapat menyebabkan penyakit asam urat datang. Diantaranya yaitu kacang-kacangan, kangkung, bayam. Sayuran itu sangat berpotensi menimbulkan penyakit asam urat datang

  1. Daging

Daging hewan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Ternyata kandungan protein yang tinggi ini bisa menyebabkan resiko asam urat. Daging hewan seperti ayam, bebek, sapi dan ikan memiliki kandungan purin yang tinggi. Sehingga Anda diharuskan mengurangi konsumsi makanan ini.

  1. Jenis Kelamin

Tak hanya makanan, ternyata gender juga mempengaruhi munculnya penyakit asam urat. Gender yang berpengaruh besar mengali asam urat yaitu laki-laki. Karena pada masa puber kadar asam urat pada laki-laki meningkat.

  1. Faktor Genetik

Seperti yang sudah dikatakan bahwa faktor genetik memiliki pengaruh yang cukup besar. Terutama untuk anak laki-laki. Namun hal ini bisa di hindarkan asalkan bisa mengatur pola makan dan bisa menghindari makanan yang berisiko mendatangkan asam urat.

Itulah 5 penyebab yang menyebabkan anak pada usia muda dapat terkena asam urat. Semoga artikel ini dapat membantu.