Ikan termasuk makanan sehat yang banyak disukai dan sangat dianjurkan untuk sering dikonsumsi karena kandungan gizinya yang baik. Nyatanya, berbisnis ikan tidak hanya menguntungkan dari segi material, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai kegiatan berkarya, terutama jika pemilik juga membangun kolam ikan minimalis yang apik. Sebagai salah satu lauk yang sangat mudah ditemui di lingkungan Indonesia, bisnis ikan dapat dikatakan menjanjikan karena sajiannya yang banyak. Lebih lanjut, desain unik sebuah kolam ikan menjadi daya tarik tersendiri bagi pemiliknya.

Mengenal Potensi Bisnis Budidaya Ikan Laut

Berbisnis ikan laut, termasuk membangun kolam ikan minimalis yang dapat ikut meramaikan hunian, dapat menjadi peluang yang besar untuk dimanfaatkan di sektor bisnis. Bisnis ikan sangatlah mungkin untuk dilakukan, dan nyatanya, perwujudannya justru dapat menguntungkan. Daripada membeli ikan di pasar yang dibanderol harga tidak murah, memiliki budidaya ikan laut sendiri tentu akan membantu perekonomian. Dengan persiapan yang baik, serta kegigihan dalam melakukan kegiatan budidayanya, bisnis ikan laut sangat mungkin untuk menjadi sumber pemasukan Anda.

8 Langkah Berbisnis Ikan Laut untuk Pemula

Walaupun bisnisnya tidak terlalu rumit, Anda perlu memerhatikan model, perencanaan, hingga pemasaran yang tepat untuk dapat berhasil melakukan bisnis ini. Berikut adalah 8 langkah mudah berbisnis ikan laut bagi Anda yang masih pemula:

  • Temukan pemasok ikan

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai berbisnis budidaya ikan laut adalah memastikan adanya produk yang dibudidayakan untuk jangka waktu yang lama. Dalam hal ini, temukan terlebih dahulu supplier atau pemasok bibit dan produk ikan laut seperti yang Anda mau.

  • Tentukan jenis ikan

Menentukan jenis ikan laut yang akan dipasarkan pastinya penting dalam bisnis Anda. Mulailah dengan riset mandiri, atau lakukan analisis sehingga Anda dapat menemukan jenis ikan yang laku untuk penjualan Anda.

  • Mempersiapkan modal

Secara spesifik, atur keuangan Anda mulai dari awal dan bisnis Anda harus bermula dari alokasi keuangan ini. Terdapat target yang harus dicapai, serta jumlah keuntungan yang harus diperoleh. Maka dari itu, persiapkan modal awal dan segala biaya nantinya untuk berjalannya bisnis Anda.

  • Pilih sistem penjualan

Dari sekian banyak pilihan metode penjualan, pertama Anda dapat memasarkan produk dagangan Anda secara langsung ke konsumen, misalnya di pasar tradisional. Kedua, Anda dapat bertindak sebagai pemasok yang menitipkan produk dagangannya. Ketiga, Anda dapat berperan sebagai pemasok produk ikan ke layanan rumah makan atau restoran.

  • Pasang harga terbaik

Harga terbaik seharusnya dapat memenuhi kebutuhan Anda sebagai pebisnis, dari segi tutup modal maupun memperoleh keuntungan. Anda dapat memulai dengan harga miring asalkan mampu secara konsisten menjual produk dagangan.

  • Olah ikan sisa

Terdapat referensi pihak-pihak yang memiliki stok sisa ikan yang tidak terjual, walaupun kondisinya sempurna. Anda dapat mengolah sisa tersebut dengan baik agar tetap mendapatkan pemasukan bernilai cukup.

  • Pantau kondisi keuangan

Jika tadi sudah disebutkan persiapan modal berperan penting dalam kelangsungan bisnis Anda, kali ini Anda tetap harus mengikuti segala bentuk sirkulasi uang. Buat catatan rinci, dan pantau terus kondisi keuangan Anda selama bisnis berjalan.

  • Tentukan target penjualan

Trik unik yang dapat Anda coba adalah dengan membudidayakan ikan pada kolam ikan minimalis di lingkungan Anda sendiri. Setelah memiliki target penjualan, maupun pelanggan tetap, kondisi ikan yang dibudidayakan di tempat yang aman dan bersih tentu akan menambah nilai jual Anda.