Jasa pengiriman barang atau yang sering disebut jasa ekspedisi memang sudah tidak asing lagi di masyarakat umum. Beralihnya konsumen ke toko online membuat jasa ekspedisi barang sangat berperan dalam meramaikan dunia bisnis ini. dengan adanya marketplace besar tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya jasa ekspedisi barang. Sebetulnya jasa ekspedisi sudah ada sejak dulu karena kegiatan untuk mengirim barang antar daerah memang diperlukan.

Merintis Usaha Ekspedisi Barang

Bisnis ekspedisi merupakan layanan untuk mengirim barang antar kota/kabupaten, daerah, provinsi, hingga antar negara. Jasa ekspedisi ini bisa mengirim berbagai macam barang, dari yang paling ringan yaitu dokumen atau surat, barang-barang yang bebannya ringan hingga besar.

Saat ini sudah berdiri beberapa jasa pengiriman barang dengan spesialisasi jangkauannya tersendiri seperti Meratus yang bisa melakukan pengiriman antar pulau. selain itu, ada JNE serta Elteha spesialisasi pengiriman barang atau dokumen antar daerah. Serta Fedex yang bisa menangani layanan antar barang ke luar negeri. Semua jasa tersebut memiliki tarif yang berbeda tergantung jarak serta ukuran serta berat barang yang akan dikirim.

Dalam mendirikan bisnis jasa ekspedisi tidak hanya membutuhkan modal berupa uang saja, tetapi juga sumber daya manusia yang memiliki skill dan spirit yang baik. Bisnis ini membutuhkan kerja sama antar anggota dan harus mempunyai team yang memiliki dedikasi tinggi untuk memajukan bisnis tersebut.

Jasa ekspedisi ini jika dijalankan serta dikelola dengan benar pastinya akan memberikan peluang dan profit yang menuntungkan untuk Anda. untuk mendirikan bisnis ini lakukanlah riset pasar terlebih dahulu agar sasaran yang Anda tuju bisa tepat. Berikut adalah cara untuk memulai mendirikan usaha jasa ekspedisi barang.

  1. Menentukan Transportasi serta Daerah Operasi

Dalam mengangkut barang tentunya membutuhkan kendaraan, bisa menggunakan motor atau mobil sebagai transportasinya. Namun, yang paling penting adalah Anda harus menentukan daerah operasi terlebih dahulu. Jika hanya mencakup wilayah yang cukup sempit atau masih dalam kota/daerah Anda bisa saja menggunakan motor sebagai kendaraan pengantarnya. Namun, apabila daerah operasinya mencakup antar kota, kendaraan berupa mobil sangat disarankan. Semakin luas jangkauan bisnis Anda tentunya semakin besar pula keuntungan yang akan Anda peroleh.

  1. Barang Apa Saja yang Bisa Dikirim

Semakin banyak macam barang yang bisa Anda kirim tentunya akan semakin lebih baik dan akan meningkatkan kualitas layanan pengiriman barang. Itu semua juga harus didukung dengan angkutan yang bisa memuat kapasitas yang cukup besar. Selain itu, jika Anda mengirim barang-barang seperti dokumen atau surat berharga pakailah tas pelindung untuk menghindari air atau panas yang berlebih agar dokumen tersebut tetap aman sampai alamat tujuan.

  1. Menentukan Biaya operasional

Sebagai bentuk pelayanan yang berkualitas Anda juga harus mematok biaya-biaya dalam kegiatan operasional seperti biaya rata-rata, tambahan, serta biaya lainnya. bentuk layanan juga akan berpengaruh terhadap kualitas jasa ekspedisi, semakin banyak variasi berupa lama pengiriman barang juga akan semakin dilirik oleh konsumen. Untuk menarik banyak pelanggan Anda bisa memberikan diskon khusus atau tawaran menarik lainnya sehingga bisnis Anda akan semakin dikenal.

  1. Promosi serta Legalitas Bisnis

Sebagai bentuk kepercayaan untuk masyarakat, bisnis yang baik harus memiliki legalitas resmi dari pemerintah. Legalitas tersebut berupa izin usaha dari pemerintah setempat. Dikarenakan dunia online sangat berpengaruh terhadap promosi suatu produk, Anda juga bisa memanfaatkan media online untuk mengenalkan jasa pengiriman barang Anda. bisa melalui kanal situs di website atau media sosial seperti Instagram.