Susu fermentasi merupakan olahan yang paling terkenal di benua Eropa. Bahkan di Eropa, susu merupakan sebuah bahan utama yang paling populer dan banyak diolah menjadi produk-produk yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu yang paling terkenal adalah adanya susu fermentasi atau biasa kita kenal dengan yoghurt. Banyak yang masih belum memahami apa fungsi dari adanya susu fermentasi. Oleh karena itu, Anda perlu meninjau kembali apa saja manfaat minum susu yogurt untuk tubuh kita.

Manfaat Dari Kandungan Susu Yoghurt

Ketika Anda mengalami sembelit atau susah buang air besar, maka pencernaan Anda membutuhkan bakteri baik untuk memperlancar saluran pencernaan. Bakteri baik ini biasanya adalah Lactobacillu dan Bifidobacteria. Anda bisa menemukan bakteri ini dengan mudah dari minuman susu yoghurt. Berikut ini manfaat mengonsumsi susu yoghurt adalah :

  1. Memperlancar saluran pencernaan

Sudah dipastikan ketika Anda meminum susu yoghurt maka Anda bisa memperlancar pencernaan Anda. Karena di dalam susu yoghurt ini terdapat bakteri baik yang memang bertugas untuk memperlancar saluran pencernaan.

  1. Menghaluskan kulit

Ada yang mengatakan ketika meminum susu yoghurt maka bisa membuat kulit halus. Hal ini memang benar, Anda mengonsumsi susu yang nantinya bisa membuat kulit Anda menjadi halus. Bahkan bisa membuat kulit Anda tampak lebih sehat.

  1. Menyehatkan sistem pencernaan

Karena terdapat bakteri baik yang cocok di saluran pencernaan kita maka bakteri ini akan membuat sistem pencernaan kita berjalan dengan baik. Pencernaan yang baik mempermudah untuk mengeluarkan hal-hal yang buruk untuk tubuh dengan baik pula.

  1. Meningkatkan sistem imun

Jika saluran pencernaan baik dan sehat maka akan meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Dengan sistem imun yang meningkat maka akan menjaga kesehatan tubuh, setidaknya tidak mudah untuk terserang penyakit karena bakteri jahat.

Manfaat tersebutlah yang biasanya dikenal dari adanya susu yoghurt. Banyak yang merutinkan diri untuk mengonsumsi yoghurt untuk menjaga kesehatan mereka. Karena susu yoghurt memang mengandung bakteri baik yang berfungsi untuk saluran pencernaan.

Perhatikan Kembali Dalam Mengonsumsi

Dibalik manfaat minum susu yogurt yang diberikan dari susu yoghurt yang memang sudah pasti memberikan keuntungan karena terdapat bakteri baik seperti Lactobacillus. Namun Anda juga perlu memperhatikan kembali dalam mengonsumsi susu yoghurt. Berikut hal yang perlu Anda perhatikan kembali sebagai berikut :

  1. Rutin tetapi jumlah tertentu

Mengonsumsi rutin setiap hari memang dianjurkan namun Anda perlu tahu batasan jumlah dalam mengonsumsi susu yoghurt. Hal ini dikarenakan terlalu banyak meminum susu yoghurt juga tidak dianjurkan karena semakin menambah bakteri pencernaan sehingga membuat pencernaan Anda terlalu lancar. Mengonsumsi dalam satu hari tidak boleh mencapai 3 botol susu yoghurt kemasan. Hal ini untuk menjaga kesehatan dan mengontrol bakteri yang ada dalam sistem pencernaan.

  1. Perhatikan kandungan bakteri

Biasanya dalam produksi susu yoghurt maka bakteri yang ada dalam proses fermentasi akan mati. Istilahnya produk hasil tidak mengandung bakteri yang hidup. Hal ini akan membuat konsumsi yoghurt menjadi sia sia. Sehingga Anda perlu perhatikan kembali pada kemasan produk adakah bakteri yang hidup.

Hal itulah yang perlu Anda perhatikan kembali ketika Anda mengonsumsi susu yoghurt. Memang banyak sekali manfaat minum susu yogurt yang diberikan. Namun tetap saja Anda perlu tahu batasan dalam mengonsumsi susu fermentasi. Jangan sampai mengonsumsi hanya membuat penyakit yang baru. Perhatikan kembali dalam membeli produk susu fermentasi atau susu yoghurt. Sehingga Anda memang mendapatkan keuntungan yang banyak dari konsumsi susu yoghurt ini.