Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim. Pada bulan ini, hampir semua umat Islam berburu amal sebanyak-banyaknya. Karena pada Bulan Ramadhan segala sesuatu perbuatan baik, pasti akan mendapat berlipat-lipat pahala. Dalam Bulan Ramadhan ini juga tak hanya umat Islam yang menantikannya. Seluruh lapisan masyarakat pun menunggu Bulan Ramadhan ini datang, karena di Bulan Ramadhan akan banyak sekali makanan seperti takjil.

Kebiasaan Orang Muslim Saat Ramadhan

Di Bulan Ramadhan ada banyak sekali kenikmatan yang tidak di dapatkan pada bulan-bulan lain. Kenikmatan yang ada di Bulan Ramadhan yaitu waktu sahur dan juga waktu berbuka. Di Indonesia sendiri, ketika waktu sahur datang di setiap kampung pasti ada orang yang berkeliling dengan memukul kentong. Hal ini hanya ada di saat Bulan Ramadhan saja. Sedangkan pada waktu menjelang berbuka, dimana keluarga akan berkumpul bersama sambil menunggu bedug adzan datang.

Bulan Ramadhan ini semua umat muslim akan melakukan puasa dari waktu subuh hingga maghrib. Bagi umat Islam puasa merupakan hal yang biasa. Bahkan banyak yang mengaitkan pula bahwa puasa dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Namun bagaimana dengan Anda yang memiliki penyakit maag? Bukankah orang yang memiliki penyakit maag harus makan tepat waktu? Jangan khawatir, di artikel kali ini akan membahas panduan berpuasa bagi penderita maag.

Panduan Berpuasa Bagi Penderita Maag

  1. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit maag dan akan menjalankan ibadah puasa, diharapkan ketika makan sahur Anda memakan makanan yang lambat untuk dicerna. Ini disarankan supaya Anda tidak akan merasakan lapar ketika siang hari.
  2. Kurma merupakan buah yang sering Anda jumpai ketika Bulan Ramadhan tiba. Mengonsumsi buah kurma buat Anda penderita maag dan ingin menjalankan ibadah puasa sangat cocok. Karena dalam kurma terdapat karbohidrat dan serat yang tinggi.
  3. Almond merupakan jenis kacangan-kacangan. Namun almond ini berbeda dengan kacang yang lain. Karena almond ini memiliki kandungan protein dan juga serat yang bagus untuk Anda penderita maag.
  4. Selain kurma, buah yang cocok di konsumsi ketika sedang berpuasa adalah pisang. Pisang ini banyak sekali kandungan yang dimilki. Kandungan yang penting dari pisang ini adalah karbohidrat yang akan membantu dalam membuat perut Anda kenyang lebih lama.
  5. Makanan lain yang disarankan untuk Anda yaitu makanan yang dipanggang. Makanan yang dipanggang lebih baik di bandingkan dengan makanan yang di goreng ataupun makanan yang berlemak.
  6. Jika sahur, Anda makan di waktu mendekati imsak dan sesegeralah Anda berbuka ketika adzan datang.
  7. Diwajibkan dalam satu hari minum air putih sebanyak 8 gelas. Anda bisa membaginya dengan 2 gelas di waktu sahur, 2 gelas di waktu berbuka, dan 4 gelas di waktu akan tidur.
  8. Untuk menghindari gejala maag datang, ketika sahur Anda disarankan untuk minum susu.
  9. Ketika setelah makan sahur dan makan setelah berbuka, Anda jangan langsung tidur. Tidur setelah makan akan membuat asam lambung Anda naik.
  10. Ketika sahur Anda harus menghindari makanan yang sekiranya dapat membuat asam lambung naik. Seperti makanan pedas atau minuman yang asam.
  11. Yang tidak boleh dilupakan yaitu minum obat yang diberikan oleh dokter. Minum pada waktu sahur dan pada waktu berbuka.

Bagaimana? Cukup jelas bukan penjelasan diatas? Semoga bermanfaat ya.