Kecelakaan merupakan musibah yang memang sulit untuk diprediksi oleh siapa pun. Oleh karena itu, penting untuk setiap orang mencegah terjadinya kecelakaan dan mempersiapkan penanggulangan apabila terjadi kecelakaan. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pelatihan p3k dan juga pentingnya pertolongan pertama pada kecelakaan Anda juga perlu mengetahu mengenai apa itu pertolongan pertama pada kecelakaan.

Mengenal Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan

Pertolongan pertama pada kecelakaan merupakan suatu upaya perawatan atau pertolongan pertama yang perlu dilakukan segera kepada penderita maupun korban kecelakaan. Pertolongan pertama ini perlu dilakukan sebelum mendapatkan pertolongan yang dilakukan oleh dokter atau pertolongan yang sempurna karena pertolongan pertama pada kecelakaan ini bersifat sementara. Pertolongan pertama ini harus dilakukan sesegera mungkin setelah melihat korban, pertolongan dilakukan dengan menggunakan sarana dan prasarana yang terdapat di tempat tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan ini, agar tidak terjadi bahaya lain yang mengancam korban. Seperti pendarahan, infeksi dan juga lainnya yang dapat mengancam korban apabila prosedur penanganannya tidak dilakukan dengan benar. Sehingga pertolongan pertama pada kecelakaan ini harus dilakukan dengan benar sesuai dengan prosedur agar tidak mengakibatkan hal lain yang mengancam korban. Pertolongan pertama ini sangat penting dilakukan untuk menyelamatkan nyawa korban yang tentunya harus dilakukan dengan benar. Berikut adalah pentingnya melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan.

Pentingnya Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan

Pertolongan pertama pada kecelakaan memiliki tujuan sebagai berikut.

  1. Untuk mempertahankan agar korban yang mengalami kecelakaan atau penderita penyakit tetap hidup.
  2. Membuat penderita tetap stabil keadaannya
  3. Mengurangi rasa nyeri yang dialami oleh penderita. Pertolongan pertama pada kecelakaan juga dapat dilakukan untuk mengurangi rasa trauma yang di dapatkan oleh korban sewaktu kecelakaan terjadi.
  4. Dapat menghindarkan korban dari kecacatan atau penyakit yang lebih parah.

Pertolongan pertama pada kecelakaan sangat penting dilakukan untuk menghindarkan korban dari penyakit yang lebih serius lagi. Pertolongan pertama yang dilakukan dengan benar akan dapat menyelamatkan nyawa dari korban. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan deteksi dini apa yang di derita oleh korban. Apakah korban tersebut merupakan korban kecelakaan atau karena memiliki riwayat sakit. Langkah yang selanjutnya adalah menepuk pipi dari korban ataupun menepuk dada korban sembari memanggil. Anda juga perlu melihat apakah korban sadarkan diri atau tidak, periksa denyut nadi korban di bagian leher. Lakukan pemeriksaan pada bagian bawah leher korban, Anda perlu membandingkan dengan leher kita untuk memastikan apakah ada cedera pada korban ataukah tidak.

Anda juga perlu memastikan bahwa jalan napas korban terbuka, dengan cara mendongakkan kepala korban ke arah atas. Selanjutnya Anda perlu menilai pernapasan korban lalu berikan napas buatan sebanyak dua kali dengan menekan pada bagian pertemuan diantara rongga dad, hal ini dilakukan sebanyak 4 sampai 6 kali hitungan. Lalu setelah itu Anda perlu memberikan dua kali napas buatan pada korban. Jika korban belum juga sadarkan diri maka Anda perlu melakukan napas buatan sebanyak 12 kali pada korban tersebut.

Nah itulah tadi beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang pertolongan pertama pada kecelakaan, tujuan pertolongan pertama pada kecelakaan, dan juga bagaimana cara penanganan yang perlu dilakukan. Anda perlu juga melakukan pelatihan p3k agar lebih ahli dalam penanganan dan tentunya dengan menjalankan prosedur yang sudah ada dan sudah ditetapkan. Semoga dapat membantu.