Pada hari Sabtu, 18 Januari 2019 Jokowi melakukan penyerahan sertifikat tanah di Desa Banjarsari, Kabupaten Garut, Jawa Barat yang lebih tepatnya di Lapangan Bola Cibodas. Proses penyerahan sertifikat ini dilakukan pada saat hujan yang deras datang dan adanya air yang menggenang di lokasi penyerahan sertifikat. Jokowi membagikan sertifikat kepada masyarakat Garut sebanyak 6000.

Meskipun air menggenang di lokasi pembagian sertifikat, namun para warga tetap antusias dan tetap mendatangi tempat tersebut. Para masyarakat datang berkumpul di bawah tenda dengan air yang menggenang di kaki mereka. Dan mereka tetap sabar agar mereka semua (para warga masyarakat Garut) bisa mendapatkan sertifikat tanah tersebut.

Detik-Detik Penyerahan Sertifikat Tanah Warga Garut

Suasana di Lapangan Bola Ciboda sangat ramai dan heboh ketika Jokowi datang dan masuk ke tenda. Di tengah keramaian di lokasi, banyak juga masyarakat yang berusaha dengan keras untuk bersalaman dengan Jokowi. Tak hanya bersalaman tetapi juga banyak yang ingin mengajak Jokowi untuk melakukan foto bersamaan.

Acara penyerahan sertifikat ini dilakukan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai pembuka acara. Setelah melakukan pembukaan, Jokowi berpidato. Dalam pidatonya beliau mengatakan bahwa pemerintah akan menyegerakan penyerahan sertifikat gratis kepada masyarakat. Dalam penyerah sertifikat kali ini, Jokowi hanya menyerahkan sebayak 6000 sertifikat.

Jokowi juga mengatakan dalam pidatonya, yaitu pemerintah akan menyerahkan sertifikat kembali untuk masyarakat Kabupaten Garut sebanyak 60.900. Dalam pidatonya beliau juga mengatakan bahwa penyerahan sertifikat gratis ini tak hanya dilakukan untuk masyarakat yang ada di Jawa. Wilayah seperti Sumatera, Bali, NTT, NTB hingga Papua juga akan dilakukan penyerahan sertifikat tanah gratis.

Jokowi berada di lokasi penyerahan sertifikat dan melakukan pidato hingga selesai, hujan deras masih tetap mengguyur daerah Cibodas. Oleh karena itu, ketika Jokowi ingin meninggalkan tenda, beliau menggunakan payung dan kemudian berjalan menuju ke dalam mobilnya.

Isi Pidato Jokowi Saat Agenda Penyerahan Sertifikat Tanah

Pada pidatonya Jokowi mengatakan bahwa penyerahan sertifikat harus dilakukan secepatnya. Hal ini di karenakan banyaknya keluhan tentang sengketa lahan. Di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTT, NTB dan Papua masih ada sekitar 80 juta bidang tanah yang belum memiliki sertifikat. Penyerahan sertifikat pada tahun lalu berhasil mensertifikati 7 juta lahan yang pada tahun sebelumnya hanya 5,1 juta lahan yang tersertifikasi.

Pada tahun 2019 ini Jokowi menargetkan akan menambah 9 juta lahan yang akan tersertifikasi dan itu bisa juga melebihi angka yang di targetkan. Dalam pidatonya Jokowi mengatakan “Saya ingin rakyat memiliki sertifikat semua. Makanya tahun depan akan nambah lagi dan lagi. Ini merupakan sebuah hak hukum dengan atas tanah yang kita punya”.

Dengan adanya penyerahan sertifikat ini, maka kemungkinan kecil ada pihak-pihak yang tak bertanggung jawab yang mengklaim bahwa itu tanah miliknya. Pak Presiden juga berpesan kepada masyarakat agar menjaga sertifikatnya dengan baik. “Tolong sertifikat masukan ke dalam plastik, agar ketika hujan sertifikat tidak rusak. Lalu sertifikat ini harus di fotocopy”. Katanya  dalam berpidato.

Jokowi juga berpesan kepada masyarakat bahwa sertifikatnya harus menjaminkannya ke bank. Ini dilakukan agar bisa memperoleh pinjaman dari bank dan memperhitungkan baik-baik dengan kemampuan membayarnya. Beliau juga berpesan bahwa menyimpan sertifikat dengan baik karena sertifikat ini merupakan tanda bukti atas tanah yang kita miliki. Dan sertifikat ini juga dapat diwariskan maka sangat penting untuk dijaga.

Pada saat penyerahan sertifikat untuk warga masyarakat Desa Banjarsari berjalan dengan baik dan mulus. Tak ada hambatan apa pun kecuali hujan yang deras dan juga air yang menggenang mengenai kaki para warga Desa Banjarsari. Selain itu tidak ada hambatan apa pun yang terjadi. Warga masyarakat Desa Banjarsari pun dapat tentram sehingga prosesinya berjalan dengan baik.

Hingga acara penyerahan sertifikat selesai dilakukan. Hujan masih tetap mengguyur dengan deras Desa Banjarsari. Namun dibalik hujan yang deras itu juga merupakan hari yang baik karena Jokowi telah berhasil melakukan penyerahan sertifikat tanah gratis kepada masyarakat Desa Banjarsari. Setelah selesai, Jokowi pergi dari tenda menuju mobil.