Sarana transportasi menjadi hal yang sangatlah krusial dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu alat transportasi yang dapat menunjang kehidupan sehari hari adalah mobil. Memilih mobil dengan kualitas yang sesuai dengan kualitas dan kegunaan tentunya sangatlah penting. Namun bagaimana jika seseorang yang belum pernah membeli mobil ingin memiliki mobil Suzuki Bandung yang tepat? Berikut beberapa tips memilih mobil yang tepat bagi para pemula.

Tips Membeli Mobil

Bagi para pemula yang baru pertama kali berurusan dengan jual beli mobil, tentu saja akan kebingungan. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil adalah sebagai berikut,

  1. Merengreng Anggaran

Sebelum mulai memilih jenis dan spesifikasi mobil, hal yang perlu dipersiapkan adalah biaya yang akan dikeluarkan untuk membeli mobil. Saat ini harga rata-rata mobil pribadi jenis minibus mencapai sekitaran dua ratusan juta rupiah jika beli baru dan sekitaran seratus juta untuk bekas Suzuki Bandung.

  1. Menentukan Pilihan Sistem Pembayaran

Bagi pemula, daripada membeli mobil bekas, biasanya lebih memilih membeli mobil dengan kondisi baru namun dengan sistem kredit. Hal ini juga tergantung pada anggaran yang dimiliki. Jika memilih membayar tunai pastikan pilih yang menawarkan DP rendah, namun jika ingin menggunakan sistem kredit, pilih Kredit yang memiliki suku bunga ringan.

  1. Memilih Mobil yang Dealer Resminya Mudah Ditemui

Jika ada masalah pada mobil yang memerlukan servis dan pergantian spareparts, hal yang perlu dilakukan adalah membawa mobil ke dealer resmi yang menjual mobil tersebut. Hal ini membuat pembeli harus memastikan jika dealer resmi mobil yang akan dibeli mudah ditemui agar mobil terjamin jika terjadi kerusakan dan ingin mengklaim garansi.

  1. Memilih Desain yang Sesuai

Setelah menentukan anggaran dan lainnya, hal yang perlu dijadikan patokan saat memilih mobil adalah desainnya hal ini tergantung pada selera setiap orangnya. Selain itu juga desain mobil akan berpengaruh pada jenis mobil yang akan dibeli. Misalnya mobil barang atau mobil penumpang, atau bahkan mobil penumpang yang bisa memuat barang?

  1. Memperhatikan Kelengkapan, Keamanan dan Kenyamanan

Saat membeli mobil, hal yang perlu diperhatikan tidak hanya design body dan interior mobil saya, namun juga fasilitas dalam mobil yang dapat menunjang keselamatan, keamanan dan kenyamanan saat mengendarainya. Kelengkapan fasilitas mobil biasanya juga berpengaruh pada harga jual mobil.

  1. Mengukur Konsumsi BBM dan Pajak

Tanggung jawab utama memiliki mobil adalah mengisi bahan bakar. Hal ini membuat pembeli juga harus memerhatikan konsumsi bahan bakar untuk mobil yang akan dibeli. Mobil yang memiliki mesin atau tenaga besar biasanya akan lebih boros bahan bakar. Seperti mobil sport merk Lamborghini misalnya, untuk satu liter bahan bakar akan habis pada 4km pemakaian.

Teliti Sebelum Membeli Mobil

Sering kali pemula menyesal setelah membeli mobil karena tidak teliti saat memilih spesifikasi mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Ketidak-telitian ini biasanya dikarenakan pemula terlalu fokus pada harga yang murah dan desain yang mewah. Walaupun sebenarnya, seperti yang kita tahu, bahwa harga merupakan tolak ukur yang kuat mengenai kualitas dari suatu barang.

Maka dari itu sangat diperlukan ketelitian saat membelinya, seperti teliti dalam memilih mobil yang sesuai kebutuhan, teliti dalam melihat spesifikasi dan kualitas mobil, teliti melihat pasar, teliti dalam membandingkan harga mobil di pasar dan pemula juga harus teliti untuk melihat apakah suku cadang, tempat servis, dan pajak seperti sistem Suzuki Bandung yang tidak memberatkan.