Di musim pandemi yang tengah menjangkiti sebagian wilayah di dunia sekarang ini, membuat Pemerintah mengeluarkan kebijakan social distancing dan work from home. Hal inilah yang membuat aktivitas berbelanja secara online atau e-commerce melalui beragam aplikasi berbelanja secara online pun menjadi semakin banyak dipergunakan, tak terkecuali juga beberapa penyedia jasa pengiriman seperti Ekspedisi Surabaya Makassar yang juga turut memperoleh keuntungan dengan banyaknya pengiriman barang dari penjual online.

Namun, ada yang perlu Anda ketahui sebelum menerima paket belanjaan online yang dikirimkan kepada Anda. Selalu pastikan barang yang akan Anda terima dari pembelian secara online itu higienis dan terhindar dari virus Covid-19. Maka, di artikel ini akan dipaparkan beberapa cara aman berkirim dan terima paket saat pandemi. Yuk, cekidot.

Cara Aman Kirim Paket

  1. Pastikan paket atau barang yang dikirimkan terjaga kebersihannya. Anda dapat membungkusnya dengan beberapa lapisan yang bersih dan higienis.
  2. Berikan deskripsi alamat yang jelas dan mudah terbaca, sehingga tidak membuat kebingungan petugas.
  3. Jagalah jarak Anda dengan petugas pengiriman saat Anda memberikan paket tersebut, bila perlu gunakan sarung tangan ketika membawa paket tersebut, guna menjaga kebersihan dari paket.

Setelah mengetahui cara berkirim yang aman saat pandemi, yang mana dapat dilakukan ke beberapa jasa pengiriman yang terjamin seperti Ekspedisi Surabaya Makassar. Selanjutnya,  yuk cari tahu cara aman menerima paket ketika pandemi, sehingga Anda melakukan penerimaan paket yang Anda beli secara aman.

Cara Aman Terima Paket

  1. Lakukan pembayaran barang yang Anda pesan secara transfer antar bank. Hal ini akan mengurangi resiko penerimaan uang yang sebelumnya dikhawatirkan telah berpindah – pindah tangan.
  2. Jagalah jarak Anda dengan kurir saat menerima paket yang Anda pesan. Ketika Anda menerima paket dari kurir, buatlah jarak 1 meter dan gunakanlah masker saat menerima paket tersebut. Hal ini sesuai dengan anjuran Pemerintah yang menerapkan aturan social distancing.
  3. Gunakan sarung tangan bila perlu ketika Anda menerima paket yang Anda pesan. Hal ini dimaksudkan agar terhindar dari interaksi secara langsung dengan paket yang diantarkan.
  4. Sebelum Anda menerima paket, sebaiknya jemurlah dahulu paket tersebut. Hal ini supaya membunuh bakteri ataupun virus yang dikhawatirkan ikut menempel pada paket yang dikirim tersebut. Dengan tidak langsung membawanya masuk ke dalam rumah, dan menjemurnya di bawah sinar matahari, diharapkan paket tersebut akan aman ketika dibawa masuk ke dalam rumah nantinya.
  5. Persiapkan alat kebersihan seperti sabun cuci maupun desinfektan di rumah Anda. Anda bisa menempatkan cairan desinfektan dan sabun cuci tangan di depan rumah, guna menjaga penularan Covid-19 yang berasal dari luar rumah Anda.
  6. Pada saat Anda menerima paketan dari kurir, semprotkan cairan desinfektan terlebih dahulu di luar rumah, dan pastikan seluruh sisi dari paket tersebut terkena cairan desinfektan secara merata.
  7. Anda dapat membuka paketan yang diterima dengan perlahan di luar rumah dan kemudian langsung membuang bungkusan tersebut ke tempat sampah di luar. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga sterilisasi di dalam rumah.
  8. Terakhir, cucilah tangan Anda setelah menerima dan membuka paket yang Anda terima tadi. Cuci tangan dengan menggunakan sabun yang bersih akan menjaga Anda dari penularan virus Covid-19 yang sangat mudah menular.

Itulah tadi beberapa cara yang dapat dilakukan untuk berkirim dan menerima paket secara aman selama pandemi ini. Dengan mengirim melalui prosedur yang aman serta jasa pengiriman yang terjamin seperti Ekspedisi Surabaya Makassar, serta menerima barang dengan prosedur yang aman, diharapkan Anda dapat terbebas dari penularan Covid-19. Sekian informasi ini. Terima kasih.