Saat ini ada banyak sekali orang yang bekerja sebagai seorang penulis baik untuk konten maupun untuk media cetak. Keahlian menulis dan merangkai kata, membuat mereka bisa memanfaatkannya untuk beberapa bidang kehidupan. Salah satunya adalah bidang bisnis. Ada banyak kata kerja yang ada dalam penulisan dalam bidang bisnis yang mana bertujuan khusus untuk kepentingan bisnis.

Kenali dan Ketahui Jenis Penulisan Bisnis Serta Manfaatnya

Artikel yang dibuat untuk kepentingan bisnis biasanya disebut artikel dengan tema penulisan bisnis. Tujuan penulisannya tentu antara lain untuk membuat bisnis lebih berkembang, menjadikan konsumen tahu seluk beluk bisnis dan mencapai tujuan bisnis yang sesungguhnya. Lalu apa saja tipe penulisan bisnis yang harus Kita ketahui?

  1. Tipe instruksional

Tipe tulisan tentang bisnis yang terdiri dari memo, buku manual, spesifikasi produk atau layanan termasuk ke dalam tipe penulisan instruksional. Sebuah tulisan dengan tipe instruksional dengan kata kerja di dalamnya memiliki sebuah misi tersendiri. Yang mana pembaca buku atau tulisan nantinya bisa menyelesaikan sebuah pekerjaan yang panduan atau instruksinya diatur dalam tulisan tersebut.

  1. Tipe informasional

Kemudian tipe yang kedua adalah tipe informasional. Sesuai dengan namanya, tulisan yang dibuat dengan tipe penulisan informasional pastinya memuat informasi lebih banyak untuk para pembacanya. Jenis tulisan seperti laporan bisnis, notulensi hingga data keuangan masuk ke dalam jenis tulisan informasional.

Adapun isi atau materi dalam artikel adalah bertujuan untuk menginformasikan beberapa hal dengan cara dan kata yang mudah untuk dipahami oleh pembaca dari berbagai kalangan.

  1. Tipe persuasif

Untuk tulisan tipe persuasif memiliki misi untuk mendorong pembacanya tertarik untuk membeli atau menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan. Dalam hal ini tulisan ini memang memiliki tujuan untuk mengajak pembaca dengan bahasa yang menarik. Umumnya jenis tulisan ini banyak ditemui pada konten promosi dan pemasaran. Contohnya seperti brosur, newsletter, email marketing, press release dan lain sebagainya.

Menulis sebuah media pemasaran bukanlah hal yang mudah. Anda dituntut harus bisa menggunakan kata dengan hemat namun detail dan tepat pada sasaran. Sehingga nantinya promosi atau metode pemasaran yang dipakai berhasil sebagaimana yang diharapkan.

  1. Tipe transaksional

Tulisan dengan tipe transaksional memiliki tujuan penulisan yang sangat spesifik serta sangat berorientasi pada hasil. Diantara jenis tulisan dengan tipe ini antara lain memo pendek, invoice, pesan instan, form, email dan lain sebagainya. Untuk penggunaannya banyak memerlukan tindakan langsung dari pembacanya. Sehingga tentu ada beberapa kata kerja yang diselipkan di dalamnya.

Ketahui Manfaat dan Prinsip Penulisan Bisnis Dengan Tipe Tertentu

Nah jika Anda menggunakan salah satu tipe penulisan bisnis yang ada di atas, tentunya harus mengetahui manfaat dan prinsip penulisan yang digunakan. Diantaranya adalah dalam penulisan buku manual harus mengedepankan prinsip kemudahan dalam pemahaman. Mungkin saja Anda menggunakan jenis kata tingkat tinggi jika target sasaran pembaca artikel adalah mereka yang memiliki keilmuan tinggi.

Namun hal tersebut secara tidak langsung membatasi tulisan Anda hanya bisa dinikmati oleh orang tertentu saja.  Sedangkan untuk tipe penulisan bisnis informasional umumnya banyak dipakai untuk menentukan prediksi performa perusahaan atau bisnis di masa yang akan datang.

Lalu untuk tipe penulisan persuasif justru tak boleh terlalu fokus pada bisnis yang dilakukan. Namun penulisan harus mengetahui apa yang diinginkan oleh pembaca, masalah yang mereka hadapi dan solusi terbaik yang diharapkan untuk hal tersebut. Ada banyak orang atau konsumen yang berharap untuk bisa menemukan apa yang mereka cari dalam tulisan bisnis yang sedang mereka hadapi.

Untuk itulah, menulis sebuah artikel atau tulisan tak melulu harus dengan detail memperhatikan apa kontennya, namun perhatikan juga apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan pembaca saat mereka membaca tulisan Anda. Tak perlu bergaya modern atau terlalu intelek hanya untuk menunjukkan seberapa tingginya ilmu yang dimiliki.

Namun ketika sebuah tulisan bisa langsung memahamkan pembaca, ketepatan peletakan kata benda dan kata kerja serta tepat mengena pada sasaran itulah inti keilmuan seseorang. Sekian info singkat tentang jenis penulisan bisnis dan manfaat yang ada dari tulisan tentang bisnis. Semoga bermanfaat.